Suara Kicau Burung Jalak Suren dan Cara Perawatan Jalak Suren

Burung Jalak Suren
Burung Jalak Suren

Okay jumpa lagi dengan saya di sini pada artikel kali ini saya akan membahas tenantag burung jalak suren yang memiliki suara yang sangat memukau.

Baiklah tidak perlu banyak basa basi lagi berikut ini adalah beberapa penjelasanya:

Burung jalak suren atau dalam bahasa ilmiah sering di sebut Gracupica Contara merpakan burung jalak suren persebaranya sangat luas yaitu di indonesia,india,dubai,pakistan dan taiwan.

Burung Jalak Suren
Burung Jalak Suren

Burug jalak Suren biasanya mencari makan diatas tanah burung jalak suren ini biasanya hidup berkelompok basanya dalam satu kelompok kecil.

Biasanya burung jalaksuren biasa mencari makan di sekitar hewan lainya yang lebih besar dari ukuran tubuhnya seperti sapi,kerbau dan lain sebagainya.

Burung jalak suren mecari makan di tanah persawahan atau di ladang seperti padang rumput untuk mecari makanan nya seperti serangga,belalang,biji bijian,cacing tanah dan hewan hewan kecil lainya.

Burung jalak suren melakukan proses perkawinan setiap bulan Desember sampai bulan Juli untuk jalak suren yang tinggal di daerah indonesia kususnya daerah jawa dan bali.

Sedangkan untuk jalak suren di daerah luar indonesia seperti india proses perkembang biakan di mulai dari bulan Maret sampai dengan bulan September.

Pada musim kawin jumlah burung yang mencari makan secara berkelompok akan turun drastis,karena mereka akan sibuk untuk mencari pasangan masing masing dan menarik perhatian burung betina.

Burung jalak suren memikat betinanya dengan cara menari nari dan mengeluarkan suara yang sangat nyaring dan menggoyang goyang kan kepalanya.

Sarang Burung jalak Suren
Sarang Burung Jalak Suren

Burung jalak suren biasanya membuat sangkar atau sarang nya menggunakan tumpukan jerami membentuk seperti kubah,biasanya burung jalak suren meletakkan sarangnya di atas pohon besar.

Biasanya burung jalaksuren sekali bertelur bisa mengeluarkan telur 4 sampai 6 telur,telur burung jalak suren biasanya di erami induknya selama 14 hari.

Anakan burung jalak suren yang sudah menetas akan tinggal di dalam sangkar selama 2 minggu atau 14 hari,induknya akan menjaga anaknnya dan memberi makan anaknya sampai anakan burung jalak suren bisa terbang.

Cara Membedakan Burung Jalak Suren Jantan dan Betina

Berikut ini adalah cara membedakan burung jalak suren jantan dan betina dengan cara melihat ciri ciri umunya.

Ciri ciri burung jalak suren jantan

Burung Jalak Suren jantan Gacor
Burung Jalak Suren jantan Gacor

Burung jalak suren jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar,burung jalaksuren jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping dibading burung jalak suren betina.

Burung jalak suren jantan memliki bentuk kepala yang bulat dan memiliki paruh yang terlihat lebih kuat dan kokoh dan kuat.

Bulu burung jalak suren jantan lebih mengkilap dan lebih cerah,dan warna kulit di skitar mata juga lebih cerah,ekor burung jalak suren jantan lebih panjang.

Ciri ciri burung jalak suren betina

Burung jalak suren betina
Burung jalak suren betina

Burung jalak suren betina memiliki ukuruan tubuh yang relatif lebih bulat di bandingdengan burung jalak suren jantan.

Burung jalak suren betina memiliki warna bulu yang relatif tidak secerah burung jalak suren jantan,warna burung jalak suren betina lebih pudar.

Untuk kulit yang berada di sekitar mata burung jalak suren betina memiliki warna tidak secerah burung jalak suren jantan.

Perawatan Burung Jalak Suren

Perawatan bururng jalak suren hampir mirip dengan perawatan burung kicau pada umumnya.

Proses perawatan nya yaitu seperti memberi pakan,memandikan burung ,proses penjemuran,pemberian vitain dan pemberian makan yang berkualitas.

Berikut ini adalah beberapa cara perawatan burung jalak suren

1.Kebersihan Kandang

Hal pertama yangharus di perhatikan yaitu dari segi kebersihan kandang burung itu sendiri seperti keberihan wadah pakan wadah minum dan kotoran burung.

Kandang harus dibersihkan dari kotoran burung setiap hari,usahakan jangan sampai kotoran burung menumpuk.

karena jika kotoran burung menumpuk bisa menyebankan bau yang menyengat dan mengundang lalat.

Tidak lupa juga bersihkan wadah pakan dan wadah minum burung jalak suren jngan sampai wadah air minum burung jalak suren kotor karena kotoran dari pakan dan kotoran burung itu sendiri.

2.Berikan Pakan Buah Buahan

Buah Buahan
Buah Buahan

Berikan pakan burung jalak suren buah buahan segar,karena burung jalak suren sangat menyukai banyak sekali buah buahan segar.

Beberaa buah buahan yang dapat di berikan untuk burung jalak suren seperti buah pepaya,buah pisang dan beberapa buah buahan lainya.

3.Berikan Pakan Alami Burung Jalak Suren

Belalang
Belalang

Berikan pakan alami brung jalak suren seperti cacing tanah,belalang,jangkirk,ulat hongkong dan yang lainya .

pemberian pakan alami pada burung ini agar burung menjadi lebih sehat dan lebih bugar.

4.Mandikan dan Jemur Burung Jalak Suren

Mansikan burung jalak suren steiap pagi secara rutin setelah di mandikan jangan lupa untuk menjemur burung jalak suren.

lakukan penjemuran jangan sampai lebih dari jam 9 pagi karena jika lebih dari jam tersebut cuaca sudah sangat terik

Baiklah mngkin hanya itu yang bisa saya sampaikan kurang dan lebihnya saya mohon maaf semoga artike ini bisa bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*