Cara Merawat Burung Puyuh Agar Produktif

Burung Puyuh
Burung Puyuh

Hallo padan kesempatan kali ini saya akan memebahas tentang burung puyuh,atau dalam bahasa jawa sering di sebut dengan burung gemak.

Burung Puyuh
Burung Puyuh

Burung puyuh merupakan burung liar yangpada awalnya di temukan di Amerika Serikat,Burungpuyuh ini di temukan pada tahun 1870.

Pada saat ini burung puyuh tidak hanya di temukan di Amerika serikat saja namu di indoesia juga,untuk saat ini peternak burung puyuh di Indonesia sudah sangat banyak sekali.

Peternakan burung puyuh banyak sekali di daerah Jawa Barat,Jawa Timur,Jawa Tengah, Jawa Timurdan bahkan di Sumatera.

Jenis atau spesies burung puyuh yang biasa di budidayakan adalah jenis Countrnix Japonica atau biasa disebut dengan burung puyuh jepang.

Puyuh jenis ini merupakan jenis burung puyuh yang paling sering di budidayakan karena burung ini bisa menghasilkan telur lebih banyak dan lebih produktif di banding dengan burung puyuh jenis lainya.

Telur puyuh
Telur puyuh

Burung puyuh jenis ini sangat cocok unutk di ternakan sebagai kebutuhan pangan baik daging maupun telurnya,burung puyuh dapat menghasilkan telur 250 sampai 300 butir telur selama satu tahun.

Telur Burung puyuh mengandung banyak sekali protein,vitamin A dan lemak,sehingga 1 butir telur telur burung puyuh mengandng 5 gram lemak total.

Burung puyuh bisa cepat berprouksi dalam waktu 42 harisehingga burung puyuh dapat cepat meproduksi telur.

Burung Puyuh yang sudah tidak produktif masih bisa di manfaatkan dagingnya,karena kandungan gizi daging burung puyuh lumayan besar.

Gizi pada danging burung puyuh yaitu berupa Protein sebanyak 20 -23,4%,lemak sebanyak 1,0-3,4% dan zat mineral 1,2-1,6%.

Berikut ini adalah cara merawat dan membudidayakan burung puyuh.

1.Kandang Burung Puyuh

Kandang Puyuh
Kandang Puyuh

Hal yang di perhatikan pertama untuk terna burung puyuh yaitu dari segi kandang burung puyuh,model kandang burung puyuh ada dua yaitu sistem litter atau yang berlantai sekam dan sistem sangkar.

ukuran kandang sendiri di sesuaikan dengan umur dari burung puyuh itu sendiri,untuk brung puyuh anakan atau bibit puyuh maka dalam 1 m persegi kandang dapat di isi 90 sampai 100 ekor burung puyuh.

Unutk brung puyuh yang berumur 10 hari sampai siap lepas anakan 1 m persegi kandang burung puyuh dapat di isi dengan 60 ekor burung puyuh,Jika burung sudah mulai bertelur isi kandang 40 ekor dalam 1m perseginya.

suhu dan kelembabpan kandang burung puyuh juga harus di perhatikan untuk suhu yaitu berkisar antara 20 – 25 drajat Celsiu,dan untuk kelembapan kandang berkisar 30 – 80 %,Untuk pembuatan kandang juga harus memeperthatikan arah sinar matahari agarkandang cukup cahaya.

Gunakan lampu utnuk pencahauyaan kandang juga harus diperhatikan pada saat malam hari gunakan penyinaran 40-60 Watt sedangkan pada malam hari gunakan penyinaran sekitar 25-40 Watt.

Anakan Burung Puyuh
Anakan Burung Puyuh

Ukuran kandang puyuh petelur yang sangat ideal yaitu 200 cm dengan lebar 75 cm dan untuk tinggi kandang antara 39 cm – 35 cm dan bagian kolong kandang tinggi nya antara 30 cm – 40 cm dan unutk ukuran pintu pada kandang burung puyuh ini sendiri berukuran 17 cm x 17 cm.

Jika kita membuat kandang burung puyuh bertingkat tambahkan tempat kotoran burung puyuh atau droping board agar kita lebih mudah untuk memebersihkanya.

Perhatikan juga bagian atap dan lantai dari kandang burng puyuh in,usahakan atapkandang terbuat dari bahan yang dapatmenahan panas seperti genting,dan utnuk lantai dari kandang kita dapat menggunakan batu bata yang di susun dan pasir.

untuk penempatan wadah pakan dan minub burung puyuh petelur sebaiknya di letakkkan di luar kandang dan menempel di dekat kandang,wadah pakan dapat di buat dengan pipa PVC atau bambu.

2.Pilih Bibit Puyuh Unggulan

Anak Burung Puyuh
Anak Burung Puyuh

Unutk mendapatkan burung puyuh yang bisa menghasilkan telur yang baik pilih bibit yang sehat dan bebas penyakit dan usahakan kalokita ingin membudidayakan telurnya usahakan kita sortir burung yangbetina semua,

JIka kita ingin berternak untukdiambil daging dari burung puyuh ini sendiri usahakkankita sortir dan cari burung yang jantan.

dan jika kita membudidayakan untuk pembibitan cari burung puyuh jantan dan betina yang sehat dan aktif agar menghasilkan anakan yang berkualitas.

3.Pakan Burung Puyuh Petelur

Berikan pakan burung puyuh sesai nutrisinya agar burung puyuh bisa bertelur banyak seperti

Jagung

jagung biasanya sering di berikan utuk pakan burung puyuh ini sebabnya jagung mmiliki nutrisi yang tinggi ,walapun jagung memiliki nutrisi yang tinggi namun hargajagungjuga cukup mahal.

Biasanya bemberian pakan jagung bisa di campur dengan jenispakan yang lain untuk menghemat biaya pakan.

Dedak Padi

Selain jagung kit ajuga bisa memberikan pakan burung puyuh dengan dedak padi atau sering disebut dengan bekatul,biasanya bekatul ini di gunakan untuk pakan ternak seperti sampi,kerbau,kambing dan bisa juga untuk pakan bebek.

Di dalam dedak padi terdapat kandungan protein serta sumber energi untuk burung puyuh namun pakan dedak ini kurang cocok jika diberikan untuk burung puyuh anakan.

Karena terdapat kandungan serat yang banyak yang terdapat pada dedak padi seingga hal ini akan sulit unutk di cerna oleh burung puyuh anankan.

ada satu yang perlu diingat jika menggunakan pakan ini yaitu harus sering di bersihkan karena dedak padi mengandung banyak lemak jika di biarkan terlalu lama akan menyebebkan bau yang kurang enak.

Singkong

Selain jagung dan dedak kita juga bisa memberikan pakan berupa singkong unututk pakan burung puyuh petelur

singkong memiliki kandungan protein tidadk terlalu tinggi di banding dengan jagung namun singkong memiliki kandungan energi yang cukup.

Pollard (dedak gandum)

dedak gandum atau pollard juga dapat di jadikan sebagai pakan burng puyuh petelur,pollard juga memilikikandungan yang baik seperti protein,lemak dan serat.

Frekuensi pemberian pakan pada burung puyuh didasarkan pada umur dari burung puyuhitu sendiri untuk burung puyuj yang masih anakan berikan pakan 2 kali dalam sehari. sedangkan untuk burung puyuh dewasa berikan pakan 1 kali dalam sehari.

Waktu pemberian pakan yang tepat unutuk burung puyuh petelur yaitu jam 6.00 pagi dan sore hari pada jam 15.00,berikan minum sesuai dengan kebutuhan burung jangan sampai burung puyuh kekurangan air dan dehidrasi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal jangan lupa campurkan makanan dan minuman burung degan sumplen organik cair GDM ternak sesuai dengan dosisnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*