Burung Kakatua Jambul Kuning yang Memiliki Bulu yang Menawan

Burung kakatua
Burung kakatua

Hai Jumpa lagi dengan saya di sini saya akan membahas artikel tentang burung Kakatua jambul kuning.

Burung kakatua jambul kuning ini emiliki kenunikan yang sangat menarik untuk kita bahas pada pertmenuan kali ini.

Burung kakatua merupakan burungparuh benkok,dan burung paruh bengkok terkenal dengan kerdasanya yang melebihi burung burung lainya.

Baiklah pasti sudah tidak sabar lagi bagaimana tentang burung yang sangat menarik kita bahas kali ini.

Baiklah berikut ini adalah beberapa ulusan tentang burung kakatua jambul kuning :

Burung kakatua
Burung kakatua

Burung kakatua jambul kuning dalam bahasa ilmiah sering di sebut dengan Cacatua Sulphure merupakan burung paruh bengkok yang memiliki ukuran tubuh sekitar 36 cm.

Burung kakatua memilik warna bulu yang dominan berwarna putih,dan pada kepala burung ini terdapat jambul berwarna kuning yang dapat di mekarkan .

Burung kakatua jambul kuning memiliki warna hitam pada bagian paruh dan kaki burung ini.

Bururng kakatua jambul kuning merupakan salah satu burung yang di lindungi oleh negara.

Burung kakatua jambul kuning merupakan salah satu hewan yang tinggal di Indonesia yaitu di pulau Sumba,Sulawesi,Bali.

Burung ini sudah terancam keritis dalam ambang kepunanhan karena habitat alami burung ini sudah semakin lama semakin menghilang,akibat penebangan pohon secara liar,dan perburuan liar yang sering di lakukan.

Saat ini jika kita ingin memelihara burung ini kita harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemerintah.dan ada satu yang perlu di ingat untuk meminta izin kepada pemerintah bukan suatu hal yang mudah.

unrtuk para sobat yang ingin memeliharanya,ingat memelihara bururng itu merupakan hal yang susah susah gampang ,kita harus sayang dan bersabar untuk merawatnya,apalagi bururng kakatua ini.

Baiklah berikut ini dalah beberapa cara untuk merawat burung kakatua

Cara merawat burung kakatua jambul kuning

1.Mandikan Burung kakatua

Hal yang harus di perhatikan pertama adalah kebersihan dari burung kakatua itu sendiri.utuk memandikan burung kaka tua ini tidak berbeda dengan burung lainya yaitu meberikan wadah mandi secara langsung atau kita semprotkan secara langsung.

Mandikan burung kakatua 3 hari sekali atau sekali dalam seminggu,ada satu hal yang perlu di ingat yaitu jangan gunakan air yang terlalu dingin.

Mandikan burung setiap pagi hari seperti memelhara burung kicau lainya memandikan bururng kakatua juga harus di bawah jam 9 pagi,hal ini dikarenakan agar membuat bururng kakatua menjadi lebih segar.

Jangan lupa setelah memeandikan burung kakatua jemur bururng kakatua hingga bulu pada burung kakatua tidak basah lagi,penjemuran di lakukan agar burung kakatua tidak lembaba dan memebantu bururng untuk tetap dalam kondisi hangat.

2.Bersiahkan kandang bururng kakatua

jaga selalu kebersihan burung kakatua,karena burung kakatua merupakan jenis bururng yang tidak menyukai tempat yang terlalu kotor,kita harus selalu menjaga kebersihan kandang bururng kakatua ini .

Selain brurung kakatua tidak menyukai tempat yang kotor mebersihkan kandang juga dilakukan agar burung kakatua kesayagnan kita tidak terkena infeksi dari kuman kuman yang di sebabkan oeleh kotoran dan dapat membuat burung selalu tumbuh sehat.

selain mebersihkan kandang hal yang harus diperhatikan juga yaitu ukuran kandang dari kakatua itu sendiri,karena burung kakatua termasuk burung yang berukuran sedang maka brurung kakatua juga harus memiliki ukuran kandang yang harus sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Semakin luas ukuran kandang kakatua semakin bagus karena luas atau tidaknya kandang dapat mempengaruhi sifat dari burung kakatua ini juga.

Karena jika burung kakatua terlalu kecil dapat merusak bulu dari burung kakatua selain itu juga hal seperti ini juga dapat membuat burung kakatua menjadi setres nantinya.

Ukuran kandang yang ukuran kandang yang cocock utuk burung kakatua yaitu 70cm x 70 cm x 100 cm ukuran ini untuk burung kakatua yang masih berukuran keicil,sedangkan unruk burung kakatua dewasa ukuruan kandang yang dianjurkan yaitu 100cm x 100cm x 200cm.

Burung kakatua jambul kuning
Burung kakatua jambul kuning

Jangan lupa berikan tempat bertengger pula di dalam kandang burung kakatua jambul kuning,berikan tempat bertengger dari kayu sesuaikan juga ukuran kayu tempat bertengger ini sesuaidengan cengkaraman kaki burung kakatua jambul kuning ini.

Makanan Burung Kaka Tua Jambul Kuning

Sayuran Segar

Berikan burung kakatua makanan sayur sayuran segar setiap harikarena sayur sayuran memiliki kandungan serat yang bagus untuk pencernaan burung kakatua.

Berikut ini adalah jenis sayuran yang boleh diberika untuk burung kakatua:Kentang,Wortel,lobak,brokili,kentang dan beberapa sayuran lainya.

Biji-Bijian

Biji-bijian merupakan salah satu makanan favorit burung kicau dan burung paruh bengkok lainya tidak hanya burung kakatua saja.

Biji- bijian merupakan saalah satu makanan alamai burung kakatua di alam bebas.

Beberapa biji-bijian yang bisa di berikan untuk pakan burung kakatua seperti : Biji kacang hijau,Biji kacang tanah,Biji kacang polong,Biji bunga matahari dan biji jagung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*